INSECURE

 ATASI INSECURE TERHADAP ISLAM



insecure adalah keadaan ketika kamu merasa cemas atau takut berlebihan terhadap sesuatu hal bisa lingkungan, orang atauphana ide atau pemikiran orang lain.


Misal pada saat kamu ditawari sebuah pekerjaan yg menantang ceritanya ini terus mulai mikir kediri sendiri ane benarean bisa gk sih ngerhjain ini, emang mampu diposisi ini ah, pasti banyak yng lebih layak atau mampu dari pada ane, ya akhirnya tidak yakin terhadap kemampuan diri sendiri.


Ane yakin hapir semua orang pernah insecure dengan sebuah hal merasa cemas atau takut dengan suatu hal yang baru atau meragukan hal tersebut. tp hl ini wajar banget dan normal. kenapa normal nanti kita akan bahas.

ini memnag menariksih kenapa bisa dialami oleh hampir semua orang,


La terus saat kita insecure kita harus ngapain dong?


-----------------------------------------------

Apa penyebab insecure?

Baik yang pertama setiap org memiliki Self-esteem/Harga diri


Harga diri adalah perasaan seseorang tentang seberapa berharga dirinya.


Harga diri muncul peniliaan seberapa berhara diri kita dimata kita sendiri tapi juga seberapa berharga dirikita di mata orang lain.


"Sebenarnya, penilaian akan diri sendiri ini memainkan peran penting untuk menunjnag kehidupan manusia bahkan dari zaman nenek moyang dulu -Jonatan Haidt-


Pikiran bekerja selayaknya monitor sosial yg selalu bertanya " seberapa berharga diriku dimata org lain.

Sayangnya otak kita tidak bisa laangsung tahu seberapa berharga diri kita"


Tapi nih klw kita merasa berharga bagi org lain, kemungkinan besar kita terima penghargaan balik dan hal ini bakal buat kita jadi lebih bersemangat buat menjanai hidup.

Namun kebalikannya klw kita merasa gk berhaga buat org lain kita bakal ada pikiran nggak dihargai bahkan dikucilkan dari kelompok tersebut.


nah. masalahnya kita tidak bisa langsung tahu kita berharga atau nggak sih buat org lain. Bagimana cara kita bisa tahu?

Nah biasanya kita akan menilai diri sendiri dengan membandingkan dengan org lain 


"Kamu kok aneh banget sih?"


nah familiarkan dengan kata-kata itu


"gue bergarga gk ya dibanding dia?

Apakah gue tetap berharga buat org-org disekitar saya ketika udah ada dia yang lebih keren atau gaul?


nah jika itu bertanya pada diri sendiri dan merasa tdk berharga maka, perasaan insecure ini jadinya muncul??


"Jadi klw ane insecure berati tidak beneran berharga dimata org lain dong?"


Sebenarnya tidak sesimpel itu sih bahkan Albert Einstein aja pernah ngomong gini semua org jenius, tp jika kamu menilai ikan dari bagaimana caranya dia memanjat pohon, ikan itu akan percaya bahwa dia bodoh seumur hidupnya"

-Albert Einstein-


pesan ini ingin menunjukkan bahwa ikan itu unik dengan caranya sendiri.

manusia itu jenius dg caranya masing-masing dan manusia itu unik dg caranya masing-masing.


La terus apa hubungan eintain dg insecuroty yg akan kita bahas.


Jadi sebenarnya manusia itu kompleks dan tidak bisa diprediksi juga,

Misal gini, ada teman saya yg kaya banget tp dia nggak punya teman dekat sama sekali tp ada teman yang biasa aja gitu ekonokinya tapi disukai banyak orang dan berteman sama banyak org juga 


atau contoh lain tiap org punya bakat berbeda-beda  ada yg bakat MTK, Bahasa, komunikasi dll gitu 


"Gak ada satupun Standar yang bisa dipakai untuk menilai seberapa berharganya diri kita"


Coba deh kalian punya teman yg satu jago mtk, jago masak terus mana yg lebih berharga? Ya susah juga kan tergantung konteks benget gitu...


"Kita itu unik dengan cara kita masing-masing"


Jadi secara tidak sadar mebandingkan diri kalian dengan teman yg lebih mapan atau lebuh cantik/ganteng 


"Mungkin aja kamu melihat sudut pandang yg salah, simpelnya kamu memakai standarnya org lain"

-albert einstain-

 

Jadi siapa dong yang nentuin standarnya?

Apakah diri kita sendiri yang nentuin standar seberapa berrharga diri kita?


Karena banyak org yang tidak tahu atau bahakan tidak memahami tentang panduan atau pedoman klw setiap org harus mencapai apa, atau sebarapa banyak supaya dinilai berharga?


Jadi cintailah diri lo sendiri dan lo berharga dengan cara lo sendiri..


Ya karen kita itu diciptakan dari tuhan yg sama dan pastinya memiliki standar yang sama... jadi klw ingin bandinbin sudah sberapa jauh nilai diri kalian dihadapanya kelak.


Karena yg sedang dibandingkan adalah diri sendiri maka bisa  dilihat diri lo saat ini dan masa lalu.


Kenapa demikian?

mungkin karena kalian yg dua minggu yg lalu itu mungkin beda dg diri kalian sekarang yg sedang duduk dan live hadir saat ini.


Setiap harinya kita bisa belajar ... dan buat progres untuk diri kita sendiri.


Nah klw kalian masih tetap saya ngerasaan insecure atau nggak Yakin terhadap kemampuan diri terus harus ngapain dong?


Cara simpelnya kita harus sadar kayak yang tdai dikatakan bahwa sekecil apapaun itu setiap org punya kelebihannya masing-masing..


Misal kalian tidak terlalu PD ngoong didepan umum namun kalian pendengar yg baik dan org tepat waktu seklagus baik


Nah bagi yg masih merasa insecure bisa banget nih kita ngobrol dan belajar bareng tentunya dan berada dilingkungan yg memang kondusif untuk belajar


Pastinya kitapun akan mendapatk Worksheet yg bakal bantu kita dalam menjalani hidup sesuai islam dan pastinya mendapatkan Ridho dr Allah SWT


Jadi tidak ada jawaban Inscure klw sudah belajar dan memahami Islam tentunya. 


ADA MENTORING

KOMUNITAS ATAU LINGKUNGAN YG SUPPORT


JADI GK HANYA BISA AWARE NAMUN BISA MENGATASI KEHIUDPAN TENTAUNYA YG BISA MENGATASI MASALAHNYA


BAHKAN BISA MENTORING ONE ON ONE


Kamu adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas hidup kamu, termasuk segala permasalahan dan perasaan negatif yang ada didalamnya.


klw sudah sadar tenatng masalah yang ada dan meilhat secara objektif  saya yakin makan kamupun akan stop yang namanya insecure ini.

Dan pleas jika sudah sadar bahawa jika ada masalah maka harus ada langkah pertama yang harus kamu lakukan baik itu mencari tahu dan jgn sampai dibiarkan. jk memnag butuh bantuan it's ok. maka harus tahu akan hal tersebut

<

0 Response to "INSECURE "

Post a Comment